SILABUS
Nama Sekolah : SMA NW NARMADA – LOMBOK BARAT
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XI
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU (MENIT) | SUMBER/ BAHAN/ ALAT |
Mendengarkan 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari Berbicara 9. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari | 7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih 9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih | o Menyatakan sikap mis. A: I’m against the idea. B: I can’t agree more. o menyatakan perasaan - love mis. A: I love you. B: I love you too. - sadness mis. A: This is the lowest time in my life. B: Take it easy. | · Melakukan studi pustaka untuk mengidentifikasi berbagai ungkapan menyatakan sikap dan perasaan beserta responnya secara berkelompok. · Mendengarkan percakapan interpersona/ transaksional melalui tape secara klasikal · Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dan responnya dalam percakapan yang didengar secara berkelompok · Bermain peran secara berkelompok | · Mengidentifikasi hubungan antar pembicara · Mengidentifikasi makna tindak tutur sikap terhadap sesuatu · Merespon tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu · Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan sedih · Merespon tindak tutur menyatakan perasaan sedih · Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan cinta · Merespon tindak tutur menyatakan perasaan cinta · Mengidentifikasi konteks situasi · Menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu · Merespon tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu · Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan cinta · Merespon tindak tutur menyatakan perasaan cinta · Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan sedih · Merespon tindak tutur menyatakan perasaan sedih | Tertulis Kuis tugas Performans | (12 x 45) 4 x 45 2 x 45 2 x 45 4 x 45 | English in Action Grade XI (Gelora Aksara Pratama, Peter James) 2006 Internet Kliping Koran Percakapan dan teks fungsional pendek serta teks berbentuk narative dan review lisan dan tertulis, Tape Recorder CD film |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU (MENIT) | SUMBER/ BAHAN/ ALAT |
Mendengarkan 5. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari Berbicara 9. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari | 7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel 9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel | - embarassment mis. A: I was so embarrased. B: I don’t think it’s a big deal. - anger mis. A: There’s nothing to talk about. Get out of here! B: If you say so. - annoyance mis. A: I can’t take this anymore. B: Sorry about that. | · Melakukan studi pustaka untuk mengidentifikasi berbagai ungkapan menyatakan perasaan beserta responnya secara berkelompok. · Mendengarkan percakapan interpersona/ transaksional melalui tape secara klasikal · Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dan responnya dalam percakapan yang didengar secara berkelompok · Bermain peran secara berkelompok | · Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan malu · Merespon tindak tutur menyatakan perasaan malu · Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan marah · Merespon tindak tutur menyatakan perasaan marah · Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan jengkel · Merespon tindak tutur menyatakan perasaan jengkel · Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan malu · Merespon tindak tutur menyatakan perasaan malu · Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan marah · Merespon tindak tutur menyatakan perasaan marah · Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel · Merespon tindak tutur menyatakan perasaan jengkel | Tertulis (PG dan Uraian) Kuis tugas Performans | (12 x 45) 2 x 45 2 x 45 4 x 45 4 x 45 | English in Action Grade XI (Gelora Aksara Pratama, Peter James) 2006 Internet Kliping Koran Percakapan dan teks fungsional pendek serta teks berbentuk narative dan review lisan dan tertulis, Tape Recorder CD film |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU (MENIT) | SUMBER/ BAHAN/ ALAT |
Mendengarkan 8. Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan Berbicara10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari | 8.1 Merespon makna dalam teks fungsional resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 10.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari | Teks fungsional pendek lisan | · Mendengarkan sebuah pengumuman lisan. · Mendiskusikan isi teks yang didengar secara berpasangan. · Mendiskusikan bentuk bahasa lisan berdasarkan teks yang didengar secara kelompok. · Memberikan sebuah pengumuman lisan secara bergantian | · Mengidentifikasi topik sebuah teks fungsional pendek yang didengar · Mengidentifikasi informasi tertentu teks yang didengar · Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks fungsional pendek yang didengar. · Menggunakan bahasa lisan dalam menyampaikan teks fungsional pendek | Tertulis (PG dan Uraian) Kuis Tugas Tugas Performans | (6 x 45) 1 x 45 1 x 45 1 x 45 3 x 45 | English in Action Grade XI (Gelora Aksara Pratama, Peter James) 2006 Internet Kliping Koran Percakapan dan teks fungsional pendek serta teks berbentuk narative dan review lisan dan tertulis, Tape Recorder CD film |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU (MENIT) | SUMBER/ BAHAN/ ALAT | ||||||||||||
Mendengarkan 6. Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari Berbicara10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari | 6.2 Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition 10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition | · Teks lisan berbentuk narrative · Teks lisan berbentuk spoof · Teks lisan berbentuk hortatory exposition | · Mendengarkan sebuah narrative/ spoof/hortatory exposition secara klasikal. · Mendiskusikan isi teks yang didengar secara berpasangan. · Melakukan case building berdasarkan kelompok pro dan kontra. · Mendongeng · Melakukan debat secara berkelompok | · Mengidentifikasi main idea dari teks hortatory exposition yang didengar · Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar · Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar · Mengientifikasi bagian cerita yang lucu · Mengientifikasi solusi dalam sebuah cerita yang didengar · Mengidentifikasi kasus yang didengar · Mengidentifikasi argumen yang didengar · Menggunakan kalimat past continuous dalam menyampaikan spoof · Melakukan monolog berbentuk narrative · Melakukan monolog berbentuk hortatory exposition · Menggunakan modal “should” untuk menyampaikan saran · Melakukan debat | Tertulis (PG dan Uraian) Tugas Kuis Tugas Performans | (12 x 45) 1 x 45 2 x 45 1 x 45 4 x 45 4 x 45 | English in Action Grade XI (Gelora Aksara Pratama, Peter James) 2006 Internet Kliping Koran Percakapan dan teks fungsional pendek serta teks berbentuk narative dan review lisan dan tertulis, Tape Recorder CD film | ||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU (MENIT) | SUMBER/ BAHAN/ ALAT | ||||||||||||
Membaca 11. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana narrative, spoof, dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan Menulis 11 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana narrative, spoof, dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari | 11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks | banner, poster, pamphlet | · Membaca nyaring bermakna sebuah banner, poster, pamphlet secara individu · Mendiskusikan isi teks yang dibaca secara berpasangan. · Mendiskusikan ciri-ciri gramatikal yang digunakan dalam teks yang dibaca secara berkelompok. · Menuliskan sebuah banner, poster, pamphlet secara berkelompok dan mempublikasikanny di lingkungan sekolah | · Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar · Mengidentifikasi topic dari teks yang dibaca · Mengidentifikasi informasi tertentu dari banner, poster, pamphlet · Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat · Menulis gagasan utama · Mengelaborasi gagasan utama · Membuat draft, merevisi, menyunting · Menghasilkan banner, poster, atau pamphlet | Performans Tertulis (PG dan Uraian) Kuis Tugas Tugas unjuk kerja | (6 x 45) 1 x 45 1 x 45 2 x 45 2 x 45 | English in Action Grade XI (Gelora Aksara Pratama, Peter James) 2006 Internet Kliping Koran Percakapan dan teks fungsional pendek serta teks berbentuk narative dan review lisan dan tertulis, Tape Recorder CD film | ||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU (MENIT) | SUMBER/ BAHAN/ ALAT | ||||||||||||
Membaca 11. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana narrative, spoof, dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan Menulis12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana narrative, spoof, dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari | 11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition 12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition | · Teks tulis berbentuk narrative · Teks tulis berbentuk spoof · Teks tulis berbentuk hortatory exposition · Complex sentenses · Modals | · Membaca nyaring bermakna teks exposition secara individu · Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi, struktur teks, secara berkelompok. · Berlatih menggunakan kalimat yang menyatakan argumen dan saran · Membuat draft teks exposition dengan melakukan chain writing. · Melakukan koreksi teman sejawat untuk menyempurnakan draft. · Menyempurnakan draft berdasarkan hasil koreksi teman. | · Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca · Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca · Mengidentifikasi setting dalam sebuah cerita narasi · Mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi · Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca · Mengidentifikasi kasus yang dibahas dalam teks · Mengidentifikasi argumen yang diberikan · Mengidentifikasi saran yang diberikan · Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks · Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca · Menggunakan kalimat past continuous dalam menulis spoof · Menggunakan kalimat kompleks dalam membuat sebuah cerita · Menggunakan modal “should” untuk menulis saran pada teks hortatory exposition · Menghasilkan teks berbentuk spoof · Menghasilkan teks berbentuk narrative · Menghasilkan teks berbentuk hortatory exposition | Performans Tertulis (PG dan Uraian) Tugas Kuis Tugas unjuk kerja | (12 x 45) 2 x 45 2 x 45 2 x 45 2 x 45 2 x 45 2 x 45 | English in Action Grade XI (Gelora Aksara Pratama, Peter James) 2006 Internet Kliping Koran Percakapan dan teks fungsional pendek serta teks berbentuk narative dan review lisan dan tertulis, Tape Recorder CD film | ||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar